ISKCON in Indonesia

ISKCON in Indonesia

The International Society for Krishna Consciousness (ISKCON) | Sampradaya Kesadaran Krishna Indonesia (SAKKHI)

Apa itu Kursus Sisya ISKCON?

Kursus Sisya ISKCON (atau ISKCON Disciple Course) adalah program pelatihan yang memperdalam pemahaman penyembah tentang guru tattva dan guru padasraya di ISKCON yang memiliki banyak guru kerohanian. Dirancang untuk para penyembah baru yang bersiap mengambil inisiasi/diksa di ISKCON, pelatihan ini juga direkomendasikan untuk para pimpinan, pengajar, konselor, dan pendidik di ISKCON. Pelatihan ini dikembangkan di bawah arahan Komite Pelayanan Kepada Guru ISKCON, bekerjasama dengan tokoh-tokoh pengajar terkemuka di ISKCON. Pelatihan ini didasarkan pada pengajaran Srila Prabhupada dan Hukum ISKCON terkini dan referensi dari tradisi Gaudiya Vaisnava yang lebih luas. 

Apa saja Topik-Topik Pembahasan Kursus Sisya ISKCON?

  • Sistem Guru-tattva dan Guru-parampara
  • Srila Prabhupada sebagai Acarya Pendiri ISKCON dan Guru Siksa Utama
  • Jenis-jenis Guru
  • Hubungan antara Guru di ISKCON dengan Otoritas ISKCON
  • Para Guru Kerohanian di luar ISKCON
  • Guru-padasraya
  • Memilih Seorang Guru
  • Menjalankan Sumpah Inisiasi
  • Guru-puja dan Vyasa-puja
  • Pemujaan Kepada Para Guru di ISKCON
  • Vapu dan Vani seva kepada Guru
  • Guru-tyaga
  • Mengembangkan Hubungan Kerjasama antar Penyembah dengan Guru yang Berbeda-beda

Kapan Kursus Sisya ISKCON akan diselenggarakan di daerah saya?

Di halaman ini kami berupaya memutakhirkan informasi terperinci tentang kursus yang akan diselenggarakan di sebanyak mungkin lokasi. Namun demikian, silakan menghubungi otoritas Unit Kegiatan di daerah Anda untuk mendapatkan informasi yang lengkap tentang kapan kursus akan diselenggarakan di daerah sekitar tempat tinggal Anda, atau Anda dapat menghubungi kami melalui website ini. 

Bolehkah saya ikut serta dalam kursus ini?

Ya, kursus ini terbuka bagi semua penyembah di ISKCON, bahkan jika Anda sudah menerima inisiasi/diksa.


Jika Anda hendak mengambil harinama diksa (inisiasi pertama) dari salah seorang guru di ISKCON, maka dipersyaratkan bagi Anda untuk menyelesaikan kursus ini, sesuai ketentuan yang ditetapkan di dalam Hukum ISKCON.


Jika Anda hendak mengambil brahmana diksa (inisiasi kedua) dari salah seorang guru di ISKCON, maka dipersyaratkan bagi Anda untuk menyelesaikan kursus ini, sesuai ketentuan yang ditetapkan di dalam Hukum ISKCON.

Jika Anda hendak mengambil pelayanan di ISCON, baik di dalam organisasi sebagai seorang pengurus, atau sebagai seorang Ketua Panitia dalam acara mana pun yang diselenggarakan oleh ISKCON, maka dipersyaratkan bagi Anda untuk menyelesaikan kursus ini.


Bagaimana caranya Kursus ini dilaksanakan?

Anda akan bergabung dalam sebuah kelas dengan maksimal jumlah peserta 25 orang per kelas dan akan didampingi oleh seorang fasilitator resmi. Secara keseluruhan dibutuhkan sekitar 15 jam untuk menyelesaikan kursus ini, yang akan dibagi menjadi beberapa hari pertemuan dalam seminggu atau bahkan dalam sebulan sesuai dengan kesepakatan yang diatur oleh fasilitator. Waktu dan tanggal pelaksanaan kursus diatur oleh fasilitator. Unit Kegiatan-Unit Kegiatan ISKCON di Indonesia bertanggungjawab untuk menyelenggarakan kursus ini, sementara fasilitator, materi-materi ujian, video, buku pedoman dan sertifikat disediakan oleh Dewan Nasional (Departemen Pendidikan ISKCON). Anda dapat mengajukan kepada Unit Kegiatan Anda jika Anda ingin kursus ini diselenggarakan di daerah Anda.

Berapa biayanya untuk ikut serta dalam kursus ini?

Donasi minimal sebesar Rp.100.000,-. Sangat diapresiasi jika Anda memberikan kontribusi yang lebih besar. Pembayaran dilakukan secara langsung kepada fasilitator kursus.

Berapa lama kursus dilaksanakan?

Dibutuhkan total sekitar 15 jam untuk keseluruhan kursus. Biasanya kursus dilaksanakan dari Kamis hingga Minggu, dengan kelas-kelas pertemuan yang lebih panjang selama akhir pekan. 


Kursus intensif dilaksanakan selama hanya dua hari, selama 10 jam per harinya, dan biasanya antara jam 9 pagi hingga jam 9 malam, disertai dua kali waktu istirahat selama masing-masing satu jam.

Haruskah saya menghadiri keseluruhan kursus?

Sangat dianjurkan agar Anda menghadiri seluruh hari pertemuan dan pelajaran selama kursus berlangsung. Kehadiran penuh Anda akan memastikan pencapaian dan pemahaman Anda. Kursus meliputi banyak kegiatan seperti mementaskan drama, aktivitas dalam kelompok dan diskusi-diskusi. Akan sangat bermanfaat bila Anda menghadiri seluruh pertemuan. Namun jika Anda tidak dapat menghadiri seluruh pertemuan, kehadiran Anda haruslah setidaknya 75% dari keseluruhan pertemuan. Ini berarti bahwa Anda hanya bisa absen selama 6 jam dari keseluruhan waktu pertemuan kursus untuk bisa dinyatakan lulus dalam kursus ini. Umumnya, dalam kursus selama 4 hari, satu hari setara dengan 6-8 jam pertemuan. Ini berarti bahwa dari empat hari pelaksanaan kursus, masih memungkinkan bagi Anda untuk tidak menghadirinya selama sehari, namun tidak lebih dari itu. Kami berharap agar Anda dapat memberikan waktu dan perhatian Anda secara penuh terhadap kursus ini, dan tidak melewatkan bagian yang mana pun.